Cara Mengatasi Bootloop Pada Android Dengan Mudah

8/20/2017
Cara Mengatasi Bootloop Pada Android Dengan Mudah

Cara Mengatasi Bootloop Pada Android  - Bootloop merupakan suatu keadaan dimana ponsel android gagal melakukan booting dan hanya menampilkan logo saja. sehingga pengguna ponsel tidak akan bisa masuk ke menu utama. Masalah yang satu ini biasanya dialami oleh pengguna andrid yang melakukan percobaan untuk membuat sesuatu yang baru pada ponsel android miliknya. Bootloop bisa terjadi kerena kegaglan dalam melakukan upgrade sistem, kesalahan dalam menggunakan firmware android, kegagalan dalam melakukan proses root, bahkan bootloop bisa terjadi kerena adanya malware atau virus. Lalu apakah bootloop bisa diperbaiki ?, jawabannya adalah bisa. Namu perlu dilihat terlebih dahulu jenis bootloop apa yang tengah kamu hadapi. Ada 3 kasus bootloop android yaitu Light Bootloop, Medium Bootloop dan Hard Bootloop.

Cara Mudah Mengatasi Android Bootloop


Light Bootloop (Bootloop Ringan)

Bisa dibilang bootloop jenis ini hanya bersifat sementara dan bisa dibilang termasuk kasus bootloop yang ringan. kasus bootloop ini sering terjadi pada saat pengguna ponsel tengah melakukan aktifitas seperti bermain game, membuka aplikasi, menginstal aplikasi dan menonton video. secara tiba-tiba ponsel mengalami re-boot sendiri dan setelah menyala ponsel hanya akan berhenti di logo ponsel android. Meski dianggap ringan, namun kamu tidak boleh meremehkan kasus ini, bisa jadi jika kamu biarkan bootloop yang ada pada ponsel kamu menjadi kian parah. Untuk itu kamu harus segera memperbaikinya, Berikut Caranya :

  • Matikan Ponsel Android.
  • Kemudian lepsknlah memori, kartu sim dan baterai dari ponsel android.
  • diamkalah ponsel android selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah itu pasang kembali semua perangkat yang telah dilepas tadi dan nalahan ponsel android. jika ponsel masih mengalami bootloop maka bisa jadi ponsel kamu mengalami bootloop sedang atau bahkan parah.


Medium Bootloop (Bootloop Sedang)

Kasus bootloop ini biasanya terjadi akibat kesalahan pengguna saat melakukan modifikasi fitur android dan masuk ke system recovery. perlu kamu ketahui bahwa system recovery merupakan satu bagian penting dalam ponsel android. sehingga system recovery cukup dilindungi keberadaanya oleh android. Untuk mengatasi kasus ini sendiri bisa dibilang susah-susah gampang. dimana pengguna yang mengalami kasus ini akan melakukan reset pada perangkatnya (sebaiknya cabut kartu memory untuk mencegah terjadinya kehilangan data). berikut caranya :
  • Masuk ke dalam recovery mode dengan cara menekan tombol home + volume up + power secara bersamaan. (untuk fungsi ini tidak semua ponsel sama, jadi jika tidak bisa kamu bisa mencari tahu kombinasi tombol yang disesuai dengan tipe ponsel yang kamu miliki)
  • Pada mode ini layar sentuh pada ponsel android tidak akan berfugsi lagi. kamu dapat menggunakan tombol volume + dan - untuk mengerakan menu dan tombol power untuk memilihnya.
  • Pilih Wipe data/factory reset.
  • Lalu arahkan kursor ke kata Yes — delete all user data lalu tekan tombol power.
  • Tunggulah sebentar, posel akan melakukan proses reset.
  • Jika perangkat tidak melakukan restat secara otomatis maka pilih menu reboot system now dan tekan tombol power.
  • Jika proses reset berhasil, maka ponsel kamu sudah tidak mengalami bootloop lagi.
  • Namaun jika ponsel kamu masih mengalami bootloop, bisa jadi bootloop yang kamu alami termasuk bootloop jenis Hard Bootloop.

Hard Bootloop (Bootloop Parah)

Pada kasus ini biasanya terjadi kerena recovery mode tidak dapat diakses atau bisa untuk diakses namun tidak menaggapi respon. Ksus ini terjadi akibat proses penggantian stock ROM yang berbeda, kesalahan dalam melakukan upgrade OS atau meng-compile APK. Karena kasus kerusakan bootloop ini termasuk cukup parah maka saya tidak akan menjelaskannya dalam satu artikel ini, namun jika kamu tidak sabar kamu dapat mencari tutorial diinternet dengan kata kunci Factory Reset. Namun jika kamu ragu-ragu dalam melakukan Factory Reset maka sebaiknya bawalah saja ponsel kamu ke tukang service terdekat.

Jadi dengan adanya kasus ini kita dapat belajar bahwa semua permasalahan pada ponsel tidak harus diatasi pada tukang service melainkan kita bisa melakukannya sendiri. Semoga cara memperbaiki hp android bootloop yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.
Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Seorang blogger pemula yang masih belajar dalam menulis sebuah artikel yang menarik dan berkualitas untuk dibaca.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Penulisan markup pada komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *